My Pregnancy Story

I want to officially share a good news—well, it’s a great news… I’m PREGNANT! Yesss.. now I’m a mom to be.🙂

Teman-teman followers-ku di twitter (@yantri_abshar) mungkin agak heran. Kenapa? Karena biasanya selama ini aku suka tweet yang bernada kesel kalo banyak yang nanyain, “Udah ‘isi’ belom?”.  As I tweet, bukannya aku ini gak mau punya baby lho, I just get bored when (almost) everybody was asking me if I’m pregnant—or not! It’s annoying! Really! Toh, kalo ada kabar baik pasti cerita sendiri, gak perlu ditanyain melulu kan?

Well.. memang awalnya kami berencana “mempersiapkan” (gak mau pake kata “menunda”, takut kualat :p) sekitar 1 atau 2 tahun. Maklum, selain aku ini masih relatif muda dan punya karir, tadinya kepingin menikmati masa-masa pacaran berdua dulu. Hey—we’re still young, wajar dong.🙂

But.. seems like God had a better plan for us. Namanya juga manusia, berencana seperti apapun toh akhirnya Allah yang menentukan segala sesuatunya. Hanya selang 3 bulan setelah menikah, tanda-tanda kehamilan itu mulai terasa…

Pertamanya sih tentunya si ‘tamu bulanan’ yang gak juga datang. Seminggu telat, masih agak santai. Begitu telat 2 minggu. Iseng-iseng aku beli testpack. Setelah di cek, ternyata hasilnya masih negatif. Begitu cek ke dokter pun, kantung rahim belum terlihat lewat USG. Jadi saat itu kami masih berasumsi, mungkin siklusnya memang sedang kacau saja.

Well, setelah telat 1 bulan tentunya aku mulai panik. Jelas ini bukan sesuatu yang biasa. Jadilah aku memutuskan buat beli testpack lagi. Dan voilaahasil testpack-nya positif. Mungkin kebanyakkan reaksi orang yang melihat garis 2 itu akan langsung kegirangan, lompat-lompat, atau menunjukkan ekspresi bahagia yang lainnya. So, what about me? Reaksi pertamaku saat itu adalah.. diam seribu bahasa (hahahaa.. bingung nih milih kata-katanya :p). Antara kaget dan terkejut (sama aja yahh.. hihiii :p). Yes, I was too confused at the moment. It’s a huge surprise for me. The whole plan in my head has just….changed!

Bagaimana dengan reaksi suami tercinta? He was so happy—he couldn’t stop smiling. I will never forget that morning. He hugs me and told me how happy he was. Begitu juga dengan orang tua, mertua, dan seluruh keluarga besar. They’re happy for us. Atmosfir kebahagiaan itu perlahan mulai menular ke aku dan pelan-pelan aku mulai melupakan semua kekagetan tadi.

Selang beberapa hari kemudian, kami cek up lagi ke salah satu dokter spesialis kandungan. Sayangnya, lewat USG Abdominal (USG perut), kantong rahim masih belum juga terlihat. Mungkin bisa terlihat apabila cek dalam / USG Transvagina, tapi aku menolak USG itu karena agak seram juga lihat alatnya (dan cara kerjanya :p). Tapi yang menyebalkan adalah, dokter ini seolah-olah meremehkan hasil testpack. Dia bilang kemungkinan keakuratan testpack hanya 30%, dokter ini seperti memaksakan keharusan cek dalam. Kalau belum lihat kantong rahim, dia tidak yakin kalau aku benar-benar hamil. Bahkan dia juga menakut-nakuti,

“Kalau tidak cek dalam bagaimana kalau ternyata janin ibu tumbuh di luar rahim?!”.

Bukan hanya itu, saat aku tanya bagaimana peraturan untuk ibu hamil ketika naik pesawat (kebetulan aku sudah book tiket pesawat ke Singapore untuk tahun depan), dengan wajah menyebalkan dan cara bicara yang juga meremehkan, dokter itu menjawab begini,

“Ya kalau ibu tidak hamil mau terbang ya terbang saja!”

OMG! I hate the way she looks at me and underestimated me!


(Ilustrasi Cek Dalam / USG transvagina)

Jadilah kami pulang dengan kecewa malam itu. Tapi syukurlah, orangtuaku tetap menyemangati dan memberikan nasihat begini,

“Kalau dokter jaman mami dulu sih gak pake cek USG dalam begitu kok. Begitu tau testpack positif ya langsung dihitung Hari Perkiraan Lahirnya (HPL) dan bisa langsung konsultasi seputar kehamilan. Mami waktu hamil anak-anak mami aja baru cek up ke dokter begitu udah jalan 4 bulan. Insya Allah gak apa-apa.”

Walaupun masih agak ragu, aku tetap berasumsi bahwa aku hamil. Sekitar 2 minggu kemudian, (lagi-lagi) aku beli testpack, dan Alhamdulillah hasilnya tetap positif . Setelah itu, aku baru benar-benar merasa yakin 100% kalau aku hamil—tapi aku mengurungkan niat untuk cek up ke dokter lagi. Menurut informasi yang aku dapat lewat internet, kantong janin umumnya memang belum terlihat lewat USG Abdominal pada saat usia kehamilan yang relatif masih muda. Jadi bersabar saja, nanti juga akan terlihat beberapa minggu lagi.

Sambil menunggu waktu ke dokter beberapa minggu lagi, aku mulai mengumpulkan informasi “do & dont’s” buat wanita hamil, baik itu lewat internet ataupun buku-buku yang mulai aku beli. Selain mulai mengkonsumsi susu untuk ibu hamil, aku juga meninggalkan si High Heels tercinta di dalam kardusnya dan menyimpannya rapat-rapat, hikksss😦

A few weeks later, the miracle happens. Pada hari Kamis tanggal 1 Desember 2011, pada akhirnya kami bisa melihat si calon baby lewat USG. Setelah sebelumnya 2 kali ke dokter yang berbeda dan gagal ‘menemui’ si janin, tentunya aku dan hubby excited sekali saat akhirnya bisa melihatnya untuk pertama kalinya. Di layar komputer dokter, kami bisa melihat janin berumur 11 minggu itu hidup dan bertumbuh aktif di dalam rahim, dengan detak jantung yang normal dan ukuran 5 cm. Honestly, I was really want to cry at that moment. I can’t describe my feelings, It’s so beautiful and precious🙂

So, If you ask me—whether I regret anything in my life.. My answer is.. NOPE! Nothing at all. I’m so happy with my pregnancy. This is a miracle and it’s a precious gift from God. I couldn’t even imagine how could I be this lucky?!

Hope to see you in June 2012, my lovely baby.. (Insya Allah). 😀

XOXO

21 thoughts on “My Pregnancy Story

  1. Bnr bgt tuh yantri , waktu pz khmilan pertama aq pergi ke dokter 1 , trz kt’a ƍªƙ mungkin aq hamil krn nikah 1bln ajj blm . Trz pz kedokter 2 dsuru tespack trnyta hasil’a positiv wlwpn msh smr perkiraan usia kandungan 16hr . Trz wktu i2 aq coba ngeratus vagina , aq ƍªƙ tau klo i2 trnyata ƍªƙ boleh buat org hamil , stlah 1mnggu kmudian tespack └åƍi trnyata hasil’a Ʊϑªћ negatif trz bercak gt .
    Perut smpet ngalamin sakit tp aq kira i2 sakit perut biasa smpe akhir’a aq kra menstruasi tp darah’a Άϑά. Gumpalan’a gt . Trz stlh 3hr brnti bru usg dalam , tp pz kedokter ke-3 aq jelasin panjang lebar n’ nunjukin hasil tespack’a dokter’a malah bilang gni “klo negativ y negatif mana Άϑά. Positiv (dgn nada judes gt) tp الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِي pz usg Ʊϑªћ bersih .
    Selang 2 bln kmudian الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِي aq msh dipercaya sm اللّهُ buat hamil └åƍi n’ hsil’a skr aq Ʊϑªћ hamil 5bln .
    Tenang αĴªª buat Ɣªήğ blm hamil , bnr kata yantri “mempersiapkan”.

  2. Wahhh perjuangan yang luar biasa, Rinaaa. Semoga kehamilannya lancar terus yah sampe lahiran. Aamiin.. Anyway, kalo dokter yang satu gak cocok, ganti aja dokter lain. Gue aja dokter yang ketiga baru cocok.😀

  3. selamat yah yantri,,senang sekali mendengar kamu hamil..anyway aku doakan semoga anknya lahir sehat dan bs menjadi sosok figur yang bs menginspirasi seperti sosok ibunya, yang pintar,cerdas, dan baiikkk sekali…

    semoga dimudahkan segala sesuatunya..
    aq disini akan selalu mendukung kamu sobat, dalam doa..
    Sosok yang gak akan pernah aku lupakan seumur hidup aku,(mungkin km lupa sm aq,hehe…it doesnt matter i always adore u as a friend..)
    keep writing galz, i’m supporting u..

    wish u always have good dan great life ahead..
    Hidup yantrii…

  4. Hi, anonymous. Terharu deh baca commentnya. Tapi kenapa gak cantumin nama yah. Soalnya pasti aku gak akan lupa sm temen2 kok. I have a pretty good memories. Anyway, thanks buat doa & supportnya yah. Wish u always have good dan great life ahead, too.😀

  5. mba, mau tanya, stlh telat 2 minngu dan test pack msh negatif, merasakan ciri2 kehamilan atau biasa aj?thanks mb for sharingnya, sy lg h2c ni, baru telat 2 hari, tp sy ga merasakan apa2, sesekali payudara ngilu aj, hilang – timbul gitu. belom berani tes pack,he3.

    • Hi diah,
      Seingatku sih waktu testpack masih negatif tapi sudah telat 2 minggu aku juga gak merasakan apa2 deh. Sempet juga nyeri di PD yg hilang timbul, sama peruh agak sedikit nyeri sih kadang2. Tapi gak mual atau apa, makanya sempet ragu hamil. Hehee.. Mending testpack aja, biar lebih yakin. Good luck!🙂

  6. hai.. aku baru telat 4 hari. tapi dari saat telat 2 hari, aku sdh testpack dan hasilnya positif sampai hari ke 4 aku testpack dengan berbagai jenis testpack.
    AKu ke dokter jg blm keliatan apa2 dan dokternya ga meyakinkan aku kalo aku hamil (dia jg ga yakin kyny).
    aku harap2 cemas, dan takut deh..akan byk hal, apalgi kalo baca cerita ada smp bercak darah dll gitu..
    mohon share yantri gmna pendapat km..

    • Hi, Iza.
      Ga usah khawatir dan terlalu dipikirkan, testpack sudah positif tapi belum kelihatan di USG wajar kok, soalnya memang masih keciiilll sekali ukuran si calon baby. Kalau km hamil, nanti juga kelihatan di USG, coba tunggu aja 1 bulan lagi balik ke dokter. Meanwhile, km jaga diri baik2 aja, makan sehat, jangan terlalu capek, dan paling penting jangan stres. Dokter kan bukan Tuhan, jadi kalo dia gak yakin km hamil cuekin aja. Nanti juga keliatan kok di USG, sabar yaa🙂

  7. aamiinn.. aku dikasi kalsium dan asam folat aja sama dokternya.
    makasih yantri, aku mgkn trllu excited kali ya..jadi terlalu cemas gitu..
    benar2 ga sabar, dan khawatir jg, hahaha pdhl ak br telat 4 hari.
    mgkn trllu berlebihan ya..hihii.
    Anyway thanks ya yantri, senang bs kenal dan ngobrol sama kamu..
    sukses ya buat kamu dan keluarga😀

    • Asam folat bagus tuh buat si baby, rajin-rajin aja diminum ya. Wajar kok terlalu excited, namanya kehamilan yang udah ditunggu-tunggu kaan🙂
      Tapi apapun nanti hasilnya disyukuri ya, kalo hamil dijaga baik-baik. Klo belum hamil keep trying, jangan sedih dan patah semangat yaa.
      Nice to meet u too, salam juga buat keluarga😀

  8. Hi yantri, salam kenal ya..
    Baca tulisan kamu seperti berkaca sama diri sendiri. 2 minggu telat, testpact negatif, di dokter di USG tapi ga ada apa2.
    Dikasi dokter primolt, tp lebih memilih alami aja deh kl emang mau luruh..
    Skrg lagi nunggu keajaiban seperti kamu. Siapa tau after sebulan telat, ada keajaiban.
    Tp selama sebulan itu, kamu ngerasa perut nyeri2 seperti tanda2 mau mens ngga sih?
    Aku soalnya gitu nih..jadi deg2a ini sebenernya mau mens atau apa…

    • Hi, abigail.
      Wah primolt itu obat apa ya? Kalo menggugurkan kandungan jangan diminum! Hamil muda memang suka gak keliahatan di USG, mending klo mau minum vitamin2 yang baik buat kandungan, asam folat misalnya. Seingatku, ada banget ciri2 seperti mau mens, nipple terasa agak nyeri, bagian rahim juga agak nyeri, pokoknya emang mirip2 sama seperti mau mens cirinya. Sabar aja ya Abigail. Tunggu lagi sebulan baru balik ke dokter kandungan, kalo hamil juga nanti kelihatan kok. Sabar ya🙂

  9. Aku telat nih, 2 bulan,, ƍäª kerasa apa” juga sih,, nah suami nyaranin beli testpack.. Hasilnya positif.. TApi kog aku ƍäª ngerasa apa” Ɣªªªª ?

    • Hi Erlinda.
      Pengalaman kehamilan setiap orang memang berbeda2 kok, coba km buka forum2 kehamilan, banyak calon ibu yang saat hamilnya gak merasakan keluhan apa2. Malah seharusnya bersyukur karena memang bagi sebagian wanita kehamilan itu cukup berat krn morning sickness yang parah dll. Buat memastikan, coba aja 1 bulan lagi ke dokter untuk di cek. Good luck ya🙂

  10. Wah…macem2 ya pengalamannya.
    Kalo q , telat haid 3 hari , tespek positif. Pas di USG masih belum kelihatan kantung kehamilannya. Kata dokternya kemungkinan karena ukurannya msh sangat kecil. Di suruh balik lagi 2 minggu kemudian. Tapi ini aq belum periksa lagi, sekalian nunggu kalo telatnya udah sebulan saja.

    Mohon doa dari temen2 semua , semoga Allah memberikan karuniaNya aq skrg memang benar sedang hamil.

    Agak khawatir juga sebenarnya krna sebelumnya pernah keguguran. Sekarang berusaha berfikiran positif saja. Mohon doa dan motifasinya. Trims

    • Hi Retno..

      Bener banget kuncinya memang harus stay positive. Gpp kok klo mau nunggu sebulan dulu telatnya. Meanwhile tetep jaga kesehatan dengan maksimal ya.

      Semoga nanti ada kabar baik ya!😊

  11. Aku juga mw share teman2 aku udh juli-aagustus gk haid aku tespack tpi negatif.. sampai beli bnyk2 supaya bisa cek setiap minggu nya.. karena penasaran aku dan suami pergi ke rs cek usg keliatan kantung kecil banget dan samar2, kata dokter radiologi di observasi 2 minggu lgi.. aduh perasaan campur aduk bgt rasanya penantian 2 tahun di tunggu2 sama semua keluarga besar.. setelah usg aku bawa hasil nya ke dokter kandungan trus dia bilang kantung itu kista yg gak berbahaya masih normal aja. Tpi yg bikin bingung hasil usg kantung itu udah ada umurnya 4w2d . Rasanya pengen nangis dokter nya langsung bilang klo aku gak hamil, dan klopun hamil gak mungkin umurnya baru 4week. Di suruh kembali lgi 2 minggu dan di kasih obat buat memancing haid. Kebetulan siklus haid ku gak teratur.. ini udh 2minggu lebih aku rasanya kurang cocok sama dokter yg di rs . Makanya ntar malam aku dan suami mw cek ke dokter yg emg bantu program hamil ku.. siapa tau dokter yg di rs salah. Atau emg aku nya aja yg gk hamil.. tapi aku tetap sich doa sama Tuhan karena gak ada yg mustahil bila Tuhan berkehendak. Amin. Blog nya mba buat aku lebih yakin dan klo pun ak gk hamil suamipun kasih semangat buat program lagi.. semoga nyusul mba juga.. sorry panjang and lebar comennt nya..

    • Hi Imel. Klo memang ragu, boleh banget tuh cari 2nd opinion. Klo memang ternyata kista, banyak kok temenku yang hamil dengan kista dan akhirnya pas proses melahirkan si kista luruh sengan sendirinya. Sebenernya kista gapapa kok, asalkan ukurannya ga terlalu besar. Good luck ya, semoga beneran hamil. Kalopun belum, nanti bisa dicoba lagi. Semangat ya Imel😊

Write It here...

