My Pending Projects

Apa sih kebanggaan seorang Arsitek yang paling utama? In my humble opinion, goal para Arsitek adalah bisa melihat apa yang ia desain dapat benar-benar terbangun. “Dream, Design, Make it Real!”. That’s how I work! Tentunya sih nggak sebatas itu saja, setiap arsitek mengharapkan apa yang sudah di desainnya akan disukai dan dapat bermanfaat bagi setiap penggunanya.😀

Alhamdulillah.. di usia yang masih cukup muda (dalam arti usia sebenarnya dan usia berkecimpung di dunia Arsitektur, hehee) ada beberapa proyek hasil karyaku yang sedang dan akan dibangun. Sayangnya, proyek-proyek ini harus pending karena beberapa faktor di luar kendaliku sebagai seorang Arsitek. Let me tell you the story..

1.  Proyek “Mixed Use Makassar”.

Bisa dibilang ini proyek pertama dan perdanaku di kantor konsultan Arsitek tempatku berkerja sampai sekarang ini. Begitu baru masuk ke kantor pada awal Januari 2010 lalu, aku mendapat amanah dari bos untuk melanjutkan proyek ini karena Arsitek proyek ini sebelumnya (seniorku) akan segera resign dalam waktu dekat. Setelah beberapa kali ke Makassar dan asistensi dengan Owner, diputuskan untuk melakukan perombakkan total pada desain. Yaa.. jadilah dengan waktu yang cukup singkat aku melakukan desain ulang pada bangunan ini.

(Desain Final Mixed Use Building)

Pada akhir Mei 2010 asistensi selesai, DED arsitektur, struktur, dan ME juga sudah dibuat (gambar-gambar detail dibantu oleh Tim Ahli dan Drafter tentunya). Finally, sang Owner memutuskan untuk segera memulai proses pembangunan. Wooww..I was definitely so excited at the moment. Dalam kondisi sedang cuti kuliah 1 semester (karena aku sangat ingin segera bekerja), serta menunda Tugas Akhir, tentunya hal ini menjadi kebanggan tersendiri buatku. Cutiku jadi gak sia-sia karena ternyata ada hasilnya. Jadilah pada bulan itu juga, proses pembongkaran bangunan eksisting segera dilaksanakan.

(Gambar Bangunan Eksisting)

Sayangnya, begitu proses pemasangan Tiang Pancang selesai dilakukan—sekitar akhir tahun 2010—proyek ini terpaksa harus berhenti di tengah jalan. I can’t tell the details why, intinya adalah karena keterbatasan dana sang owner. Cukup sedih juga karena sampai sekarang proyek ini masih belum berjalan lagi. Tapi aku tetap optimis dan yakin bahwa proyek ini akan segera dilanjutkan kembali. Kabar baiknya, proyek ini akan dilanjutkan awal tahun 2012 nanti. Well, I hope so!😀

(Proses Pembongkaran Bangunan per 4-Juni-2010)

2.  Proyek “Town House Bekasi”.

(Desain Rumah di Metaphora Town House)

Proyek Town House ini merupakan inisiatif dari salah satu bos besar di kantorku dan sudah aku kerjakan sejak pertengahan tahun ini. Secara desain, gambar kerja dan sebagainya—sama sekali tidak ada masalah. Semua sudah selesai tepat pada waktunya. Lahan eksisting pun sudah “dibersihkan”, jadi hanya tinggal bangun saja.

Lalu masalahnya apa? Well, lagi-lagi dana. Tapi kabarnya sih, proyek ini sudah mulai secara serius menjadi bahan perbincangan para bos. Insya Allah akan mulai di bangun dalam waktu dekat ini.

3.   Proyek “Gedung Kuliah Kesehatan Gigi POLTEKKES Manado”.

Berhubung proyek yang satu ini adalah proyek pemerintah, kemungkinan dibangunnya bisa dibilang sangat besar, bahkan bisa dibilang sudah pasti akan di bangun. Kebetulan pada tahun 2011 ini yang di lelangkan baru gambar DED nya saja. Alhamdulillah, proyek yang pengerjaannya super singkat dan cukup menguras tenaga ini sudah selesai penggambaran DED Arsitektur, Struktur, & ME nya.

(Hasil Desain Gedung Kesehatan Gigi POLTEKKES Manado)

Bagaimana dengan pembangunannya? Insya Allah akan segera dilelangkan dan dibangun pada tahun 2012 atau 2013. Kenapa? Karena proyek di POLTEKKES Manado ini sebenarnya merupakan proyek yang terdiri dari 6 bangunan kuliah dan laboratorium yang berbeda-beda pada 2 kawasan. Penugasan di kantor adalah satu arsitek mendesain satu bangunan, dan aku kebagian untuk mendesain Gedung Kesehatan Gigi ini.

Pembangunannya akan dibuat bertahap, dan setiap tahun hanya 3 bangunan saja yang akan dibangun. Entah bangunan ku ini akan dibangun tahun 2012 atau 2013—tapi kapanpun itu, semoga proses pembangunannya nanti akan berjalan lancar dan berguna untuk para mahasiswa di kampus tersebut.

However, I still grateful for everything. I mean.. di usia yang relatif muda ini, sudah mempunyai karya yang akan dibangun dan murni merupakan hasil desain sendiri merupakan kebanggaan tersendiri buatku.

Last but not least, seandainya tertarik buat melihat Portfolio tentang karya-karya yang pernah aku buat, bisa klik disini. Well, memang tidak semua proyek kantor dan tugas semasa kuliah yang pernah aku kerjakan aku masukkan disini, hanya beberapa desain saja yang aku pajang di Blog ini. Soalnya kalo dimasukkan semua, nanti kuota gambar di Blog habis. Hehehee😀

Let’s Dream, Design, Make it Real!

2 thoughts on “My Pending Projects

  1. asslmkm..
    sore mbak..
    saya mau menanyakan beberapa hal,.
    kalo untuk hotel itu pembangunannya membutuhkan bahan-bangunan apa saja, mgkin setiap desain pasti berbeda untuk jenis bahan bangunannya, saya hanya meminta untuk bahan bangunan yang umumnya saja…
    kemudian per meter persegi membutuhkan berapa banyak?
    terimakasih

    • Wlkmslm..
      Hi.. blue diver,
      Pertanyaan km tentang bahan bangunan itu terlalu complicated jawabannya. Coba lihat RAB (Rencana Anggaran Bangunan) proyek apapun, ada banyak bgt material disana. Mulai dari pondasi, kolom, struktur, sampe finishing. Jenis bhn bangunan dibuat berdasarkan sm konsep Arsitektur & Struktur dari si Arsitek itu sendiri.
      Untuk brp banyak material yg dibutuhkan, perlu disesuaikan & dihitung berdasar luasan bangunan itu sendiri. Coba search “harga satuan per meter persegi”. Setiap kota umumnya beda-beda. Misalkan harga material bata /m2 di Jkt bisa berbeda dgn di luar Jkt.

Write It here...

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s