My Journey Planner

Next week, I’m going to Singapore for a holiday trip. It’s going to be my first trip going abroad with my family. Berhubung cuma bokap yang pernah pergi kesana (itupun entah berapa tahun yang lalu), jadilah aku sibuk merencanakan perjalanan kami dengan mengumpulkan informasi sebanyak-banyaknya mengenai negeri Singa ini. It’s a piece of cake, lho! Untuk negara semaju Singapura, mengumpulkan informasi pariwisata yang lengkap seputar negara ini ternyata sangatlah mudah. Here’s the result…

1. Tiket Pesawat

Tiket pesawat ke luar negeri termurah bisa didapat di Air Asia. Menurut kakakku yang memang hobi traveling ke luar negeri dengan maskapai penerbangan ini, musim sale tiket termurah kira-kira ada di bulan Juni. Tapi.. ya berangkatnya untuk tahun berikutnya, sih. But, it’s worth to wait! Sambil nunggu perjalanannya yang masih tahun depan, persiapin aja budjet buat jalan-jalannya. Fyi, buat PP Singapore-Jakarta, we only have to paid 389000 IDR / person (include Singapore Airport Tax, lho!). Hahaaa.. damn cheap, right?

2. Penginapan

Di Singapore, kebanyakkan backpackers menginap di Hostel yang memang rate-nya cukup murah (mulai dari Rp. 90.000,-/org /malam). Tapi, menginap di Hostel itu berarti harus siap satu kamar dengan orang asing (tipe asrama) dan kamar mandinya pun share. Selain hostel, di Singapore populer juga tipe penginapan dengan sewa apartemen. Apartemen yang cukup populer disana namanya Lucky Plaza, rate harga per kamar kira-kira berkisar di angka Rp. 1.500.000 / mlm (bisa untuk 4 orang / kamar).

(Contoh kamar tipe asrama – Wink Hostel, photo source : google.com

 

Lewat website agoda.com & booking.com, aku membandingkan beberapa hotel dari segi harga, lokasi (dekat MRT/nggak), fasilitas, dan membaca review dari customer masing-masing hotel.  Finally, kami memutuskan untuk  booking 3 kamar tidur di Arianna Hotel (seberang Mustafa Center). Selain Arianna Hotel, ada 2 grup hotel yang recommended di Singapore (cukup murah dan nyaman) : Fragrance Hotel Group & Hotel 81 Group. Sekedar info, pemesanan hotel online harganya lebih murah lho dibandingin bayar on the spot.

3. Transportasi

Singapura memang terkenal dengan sistem transportasinya yang sangat baik. Para wisatawan umumnya akan memilih untuk menggunakan transportasi umum jenis MRT (Mass Rapid Transit) dan Bus. Berkeliling negeri Singa ini dengan menggunakan MRT & Bus pastinya lebih murah dibandingkan dengan Taxi. Plusnya lagi.. tersedia website yang menyediakan informasi detail mengenai harga tiket (sesuai halte asal-tujuan), dan total perkiraan waktu perjalanan (termasuk perkiraan waktu tunggu). Praktis, kan?!😀

  • Informasi lengkap tentang MRT & Bus (SMRT) klik disini.
  • Informasi lengkap tentang cara pembayaran (kartu EZ-Link) untuk MRT & Bus klik disini.
  • Informasi tentang harga tiket & waktu perjalanan MRT & Bus klik disini. (p.s: gunakan browser versi terbaru supaya bisa dibuka).
  • Singapore Street Directory (peta, lokasi wisata, tempat makan, informasi transportasi, dsb) klik disini.

4. Tempat Makan

Terdapat 3 jenis tempat makan yang umum di Singapura yaitu Kopitiam / Hawker Centre, Foodcourt dan Restaurant. Hawker Center itu biasanya tidak ber-AC. Letaknya biasa ada di sekitar pemukiman penduduk yang biasa disebut HDB (rumah susun versi Singapura). Harga makanannya akan lebih murah dibandingkan dengan Foodcourt. Untuk menu makanan biasanya tidak jauh berbeda. Umumnya Foodcourt dilengkapi dengan kasir terpusat dan dikelola secara profesional oleh pihak tertentu, dengan demikian Foodcourt akan memiliki namanya masing-masing. Foodcourt yang terkenal di Singapore adalah Food Republic, Kopitiam, dan Koufu. Ada foodcourt halal yang bernamaBanquet yang terletak di beberapa tempat. Daftar lengkap tempat makan yang halal di Singapura bisa di klik disini.

photo source : google.com

5. Tempat Wisata

Sejak dibuka pada Januari 2010, Universal Studio Singapore menjadi destinasi wajib yang dikunjungi oleh para wisatawan dari luar negeri. Yap! This is our very first reason why we will go to Singapore next week! Song Of The Sea juga menjadi salah satu pertunjukkan air mancur yang sangat menarik dan worth to watch! Negara Singapura identik dengan tugu ikan berkepala singa, jadi Merlion Park & Esplanade juga bisa menjadi pilihan wisata untuk sekedar hang-out dan berfoto-foto. Daftar lengkap destinasi wisata di Singapura bisa dilihat dan di download disini.

photo source : google.com

6. Tempat Ibadah

Walaupun lagi seru jalan-jalan, pantang dong buat umat muslim melupakan kewajibannya buat shalat 5 waktu. Walaupun gak banyak, ada kok beberapa masjid di Singapura. Daftar lengkap masjid di Singapura bisa di downloaddisini. Berhubung mushola gak terdapat di mal-mal disana, jadinya penting buatku browsing tempat-tempat shalat sesuai dengan lokasi wisata yang aku kunjungi. Khusus di Universal Studio Singapore, syukurlah kabarnya di dalamnya terdapat tempat shalat.🙂

Berbekal semua informasi tadi yang aku kumpulkan, aku langsung membuat beberapa kesimpulan berupa :

1) Trip Schedule.

Berupa jadwal perjalanan selama di Singapore. Isinya mengenai destinasi tujuan wisata (beserta waktu perjalanannya), tempat makan, sampai tempat shalat yang akan kami kunjungi selama 3 hari berwisata di Singapura.

2) Journey Planner.

Berupa detail mengenai jenis (MRT/Bus) dan harga transportasi yang akan kami gunakan selama berwisata di Singapura. Journey Planner ini bisa dibuat berdasarkan website ini. Contoh Journey Planner yang aku buat—aku upload disini.

3) Journey Map.

Berupa peta dari—dan ke stasiun-stasiun MRT, Bus, bahkan jalur jalan kaki perjalanan yang kami lewati. If you interested to see my journey map, just click it here.

4) Money Budgeting.

Berupa perkiraan pengeluaran mulai dari transportasi, penginapan, konsumsi, oleh-oleh, dan tiket masuk ke tujuan wisata yang mau dikunjungi. Perhitungan ini wajib di kalkulasikan sebelum berangkat ke negeri orang—supaya punya perkiraan berapa jumlah uang rupiah yang harus ditukarkan sebelum berangkat ke negara tujuan.

Well, that’s all I can share right now! Can’t wait for next week, it’s going to be great!😀

6 thoughts on “My Journey Planner

  1. Bagus banget nih Tulisan kamu sayang, berguna banget utk Orang lain yg mau ngetrip kesana, tapi ada yg salah Tulisan kamu Air Asia kenapa jadi Air Esia hahhahahaa😛

  2. Hahahaaa.. iya yah *langsungkoreksi*😀 Anyway emang sih aku sengaja bikin post ini supaya orang2 yg pertama kali mau kesana punya referensi, biar lebih well prepared. hehheee…

  3. nambahin inpo, kalo soal makanan halal kgk usah ke banquet tiap foodcourt ato hawker center biasanya ada satu dua stand tempat makanan halal (nasi padang ala malaysia)

  4. nice,,,
    kebetulan bntr lg mo brgkt k singapore,,,
    guidance nya lengkap,,
    one of my reference…
    tfs…^__^

Write It here...

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s