Serunya Kuliah sambil Kerja

Waktu kuliah dulu, sama sekali gak pernah kepikiran olehku buat kerja sambilan. Soalnya yang terbayang adalah betapa ‘riweuh’ nya kalo dua hal itu dijalani sekaligus. Mindset ku pada waktu awal kuliah adalah “lulus tepat waktu”—khawatirnya kalo dijalani sambil kerja yang ada kuliah malah jadi ‘ngaret’ lulusnya. Saking kepingin lulus tepat waktu, aku sempat menolak tawaran magang di salah satu perusahaan konsultan Arsitektur yang cukup besar di Jakarta, dikarenakan perusahaan itu hanya menerima mahasiswa magang yang mau bekerja full time selama minimal 3 bulan. Berhubung aku gak berani ambil cuti, finally I didn’t take the offerwhich is… I regret now (of course).

Satu hal yang paling penting diketahui buat para mahasiswa Arsitektur adalah, ‘nyawa’ kesuksesan seorang Arsitek bukan diukur dari kecepatan waktu kuliahnya—jauh lebih penting dari itu adalah pengalaman kerja & portfolio hasil pekerjaan (atau untuk fresh graduate portfolio tugas-tugas kuliahnya). But, well.. karena satu dan lain hal, toh pada akhirnya kuliahku ngaret satu semester. Sebelum mengambil Tugas Akhir (istilah Skripsi-nya anak Arsitektur), aku memutuskan buat cuti 1 semester untuk bekerja full time di salah satu konsultan Arsitektur di Jakarta.

picture source : google.com

Waktu masih dalam masa cuti kuliah, pastinya kerja sama sekali gak ada masalah. Tapi begitu sudah mulai masuk kuliah lagi, baru deh kerasa ‘seru’-nya kerja sambil kuliah. Apalagi kerjaanku waktu itu full time—masuk jam 9 pagi, pulang jam 5 sore. Untungnya kantor memberikan aku izin untuk bolos kerja di jam-jam kuliahku. Berhubung hanya tinggal 1 mata kuliah yang harus diselesaikan pada saat semester pendek, dan Tugas akhir di semester berikutnya—jadilah aku dipusingkan dengan pekerjaan & tugas-tugas kuliah hanya dalam waktu kira-kira 9 bulan saja (ini sudah lumayan bikin pusing, lho! Hehee :D).

✔  Niat yang Kuat.

Perlu niat yang sangat kuat untuk bisa menyelesaikan kuliah sambil kerja. Kebanyakkan yang aku lihat dari orang-orang di sekitar adalah, at the end.. mereka memutuskan untuk berhenti kuliah saja! Mungkin pikirnya, “Gue udah bisa nyari duit, ngapain lagi kuliah?!”. Iya kalo kerjaannya artis gak perlu kuliah, kalo mau jadi Arsitek ya selesain kuliah itu hukumnya wajib! Motivasi terbesarku waktu itu adalah.. my mom. Di satu sisi mami bangga aku sudah bisa kerja sebelum lulus, tapi mami selalu berpesan, “Kamu harus tetap menomorsatukan pendidikan dan mami mau lihat kamu di wisuda”. Kalopun sempet kepikiran buat give up salah satunya, waktu itu sempet kepikiran buat give up kerjaan. Soalnya kerja kan bisa dicari lagi nanti. Tapi Alhamdulillah sih, dikasih kekuatan sama Allah buat bisa menjalani keduanya sekaligus.🙂

✔  Prioritaskan… keduanya!

Aku coba untuk tidak menomorduakan pekerjaan kantor ataupun tugas kuliah. Kadang nih… pas di kampus dan posisinya tugas-tugas udah selesai, aku buka laptop dan ngerjain kerjaan kantor—begitu juga sebaliknya. Pokoknya dibuat se-balance mungkin lah, dua-duanya harus diselesaikan dengan baik.

✔  Perhatikan kesehatan.

Namanya juga kerja sambil kuliah, aktifitas pastinya super padat. Pernah waktu itu aku harus lembur di kantor sampe menginap, besok paginya balik ke rumah cuma buat mandi, terus pergi meeting kerjaan kantor, habis meeting langsung ke kampus buat asistensi Tugas Akhir. Selain itu, sering banget habis subuh gak tidur lagi sebelum ngantor (padahal malemnya habis lembur) karena ada tugas kuliah yang harus di selesaikan. Supaya gak drop gara-gara kecapekkan, aku beli suplemen vitamin C buat meningkatkan daya tahan tubuh—and it definitely works!

✔  Be the Winner!

picture source : google.com

Begitu dinyatakan lulus saat sidang Tugas Akhir, I was really wanted to cry. Maklumlah, menjalani dua peran sekaligus memang cukup menguras tenaga dan pikiran. Jadi begitu bisa sampai di tujuan, rasanya benar-benar luar biasa! Well, salah satu motivasiku juga adalah aku mau merasakan kebanggaan saat memakai Toga beserta atributnya pada saat wisuda. Momen wisuda adalah momen kemenangan buatku—because I worked really hard to be there! Rasanya tuh semua kerja keras dan capek terbayar lunas, deh!😀

✩ “There is no happiness except in the realization that we have accomplished something.” Henry Ford

10 thoughts on “Serunya Kuliah sambil Kerja

  1. kak mau nanya, apa bener kuliah arsitektur berat dan rumit bgt, byk yg bilang begitu, katanya bisa2 kalo ngerjain tugas nyampe ngga tidur berhari2 gitu, trus harus kuat hitungan juga ngga kak?soalnya aku ngga terlalu kuat itungan, maaf kebanyakan naya ya kak hehe :p

    • Hi, Joya. Sebenernya kuliah arsitek gak semenakutkan itu kok. Mengenai hitungan memang ada, tapi gak terlalu banyak kok, dan gak terlalu sulit asalkan km belajar sebelum ujian, hehee… Anyway, kuliah Arsitektur emg PASTI akan banyak begadang, banyak tugas, tapi kamu akan terbiasa kok lama2. Lagian juga nih, masa kuliah itu emang saatnya kita buat KERJA KERAS! Soalnya kalo mau sukses di dunia kerja, ya kamu harus serap ilmu kuliah sebaik2nya. Nikmati aja masa kuliah selama cuma 4 taun, because someday you’ll missed them! Setiap kerja keras yg kamu lakukan saat kuliah, gak akan sia2 kok. Semangat ya!😀

  2. Kak mau tanya nih, berarti waktu kakak kerja itu cari/nglamar langsung ke perusahaan konsultannya ya? Aku baru maba arsi hehe tapi sekolahnya udah smk arsitektur juga, kalo aku cari kerja bagusnya mulai sekarang apa kalo udah berapa semester gitu kak?
    Mohon sarannya hehe maaf banyak tanya

    • Hi, Rifa. Aku dulu ngelamar langsung ke perusahaan via email. Sebaiknya klo mau melamar kerja, minimal sudah hanya tinggal TGA saat S1. Klo lulusan smk biasanya dpt kerja drafter, dan klo km sambil kuliah jatuhnya freelance/magang.

  3. Itu berarti nglamar langsung ke konsultan nya ya kak? Aku juga pengen kuliah sambil kerja ni, buat cari uang saku sendiri hehe. Aku masih maba arsi sih, tapi smk nya udah jurusan arsi juga. Bagusnya mulai semester berapa ya kak? Saran nya dong🙂

    • Kalo magang peluangnya agak kecil, krn ga banyak yang buka lowongan magang. Jam kerja biasanya fleksibel sesuai jadwal kuliah, coba aja googling cari2 lowongan di internet🙂

Write It here...

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s